Robert T. Kyosaki, Haruskah kita pindah kuadran?"


Waktu YM ama temen , saya dapat pertanyaan, "Apakah harus semua orang itu harus pindah kuadran?", "Ajaran Robert T Kyosaki itu ajaran materialistik" dan lain lain.
Kalau pandangan saya pribadi adalah bahwa setiap orang punya cara masing masing dalam menjalani hidup, jadi TIDAK WAJIB untuk pindah kuadran (kuadran yang dimaksud adalah kuadrannya Kyosaki), karena tidak ada ayat Qur'an atau hadist yang menyatakan tentang kewajiban untuk pindah kuadran........he he yang ada tentang kewajiban sholat, puasa, zakat, berbuat baik, dll.

Menyinggung soal kuadran bagi yang belum pernah baca bukunya Robert T.Kyosaki saya ulas ulang sbb :
Ada 4 Cash Flow Kuadran :
1. EMPLOYEE : Dimana orang2 menjadi pegawai atau dalam kata lain bekerja untuk orang lain. Banyak contoh di kuadran ini termasuk saya, pegawai swasta, direktur perusahaan X, guru SD, pembantu RT, TKW, dan banyak lagi.
2. BUSINESS OWNER : Orang2 dalam kuadran ini cenderung membuat sistem yang mempekerjakan orang lain dan mempunyai sektor yang diusahakan untuk menghasilkan income. Tapi kita masih tetap ambil kendali di dalam bisnis ini, walaupun jika sudah mulus kita bisa kontrol sekali-kali saja.
3. SELF EMPLOYED : Dimana orang orang di kuadran ini merupakan orang2 freelance yang bekerja tidak karena orang lain tetapi karena perintah kebutuhan dirinya sendiri dan punya keahlian khusus untuk melakukan itu, contohnya Seorang Dokter yang buka praktek di rumah, Konsultan teknik, Ahli Instalatir listrik panggilan, dsb
4. INVESTOR : Orang2 yang menggunakan uangnya untuk Investasi, disini Uang dijadikan alat pencari Uang, atau Uang cari Uang untuk kita. Contohnya : Menyewakan rumah untuk kos-kosan, menyewakan kendaraan, Meyewakan Appartemen, Membuat Lapangan Bulu Tangkis atau lapangan Footsal, untuk disewakan, dsb.

Kembali ke pertanyaan : "Apakah kita harus pindah kuadran?" jawabannya tergantung Anda dan Alloh yang menentukan segala peran kita di dunia ini, walaupun kita diharuskan tetap berikhtiar untuk mencapai tujuan. Yang pasti mau di kuadran mana di usia senja kita? Disini saya akan memberikan contoh2 saja dan semua kesimpulan saya serahkan kepada pembaca semua :
1. Saya pernah bertemu dengan seseorang dari Bandung yang hendak naik haji...Beliau ini sangat Low profile sekali sewaktu saya tanya "Kerja dimana Pak?"
Beliau menjawab : "Di Jasa Marga, sebagai tukang karcis Tol". "Hebat juga Bapak", pikirku, ini sampai menyisihkan sebagian gajinya untuk naik haji.
Saya lanjut bertanya "Bisnisnya apa Pak".
Jawabnya "Hanya punya Kos-kosan"
Setelah terjadi dialog ternyata Bapak Muda ini punya kos-kosan 70 kamar...... yang Beliau rintis dari kuliah dulu yang semula punya 1 rumah sampai rumah-rumah disekitarnya kebeli semua. Dan 1 kamarnya minimal di dapat Rp 200 rb / bulan jadi untuk 70 kamar minimal didapat 14 juta 1 bulan.... WOOOOW DSHYATTTTTTTTT!!!! Dukbrkaz!!!. Ternyata beliau ini berada di kuadran EMPLOYEE sekaligus INVESTOR. Tanpa kerjapun sudah dapat 14 juta perbulan.
2. Al Imam Al-Ghazali, sebelum Beliau menjadi Sufi beliau adalah seorang Menteri yang sukses yang kaya dan meliau memilih meninggalkan semua gemerlap dunia untuk mendekatkan diri kepada Alloh sang pencipta. Disini menandakan bahwa hidup adalah pilihan.
3. Khalifah Ustman beliau adalah seorang entrepreneur yang sholeh walau kaya raya tapi Insya Alloh masuk surga.....
4. Ada hadist yang mengatakan "10 pintu rejeki dan 9 pintunya dari dagang"
5. Saya melihat beberapa remaja yang baru lulus kuliah, dia ini putra seorang petinggi seorang karyawan BUMN dengan jabatan lumayan tinggi, ternyata susah juga mencari pekerjaan. kenapa? karena pekerjaan kita sebagai karyawan tidak bisa kita wariskan ke anak2 kita. gimana untuk tahun2 mendatang , pasti lebih susah mencari kerja, lha wong untuk kuliah saja harus keluarkan dana yang begitu besar.....
6. Saya melihat juga anak2 seorang pemilik Restoran, Anak-anaknya sukses dengan meneruskan usaha yang telah dirintis kedua orang tuannya.....dan makin berkembang sampai sekarang, dan yang lebih baik lagi anak2nya semua sholeh baik2 dan sudah pada naik haji semua....
7. Waktu saya pulang kampung lebaran lalu banyak orang 2 kampung saya datang dan minta dicarikan pekerjaan, bahkan ada salah duanya yang temen SD saya....Duh.... jika saya bisa kasih pekerjaan, maklum saya masih seorang EMPLOYEE dan baru berusaha untuk pindah kuadran.... jadi belum bisa memberi mereka pekerjaan itu.
8. Di Bandung saja banyak orang yang mau di gaji dengan 500 rb satu bulan, kenapa? karena mereka memang membutuhkan penghasilan, syukur-syukur bisnis kita maju dan kita bisa kasih lebih ke karyawan. Sampai mana kita bisa mewarnai kebaikan di sekitar kita?

Jadi kesimpulannya terserah Anda, tidak ada yang menyalahkan mau pindah kuadran atau tidak........
Pertanyaan kedua tentang Robert T.Kyosaki itu materialistik, emang benar semua ajarannya ajaran mencari uang dengan benar, jadi " You do not need to work HARDER but should work SMARTER".
Kita bisa ambil ajaran - yang bagusnya dengan tidak meninggalkan Syariat perintah agama kita....... biar kita tidak terkungkung terhadap kebiasaan kita sehari-hari (seperti kodok dalam tempurung)... dan yang penting satu tadi "Jangan tinggalkan perintah agama kita, Jangan terlena dengan harta dan keberhasilan"
Ada 1 doa yang bagus :
" Yaa Alloh jika Engkau memberikan kelebihan rejeki kepada hamba-Mu ini , jangan Engkau buat hatiku terpaut padanya"


Salam,

DenMasBroto

1 comment:

Anonymous said...

BENAR2 BERJIWA BISNIS NIH PAK ARIS..
KIRA2 TAHUN INI BISNIS PALING MENJANJIKAN APA YAH PAK ARIS?
SELAIN ES CREAM..HE..

PETER