Belajar dari Anak Singa


Anak Singa....., Pasti kita sering melihat anak-anak singa di TV - TV yang sedang bercanda dengan induknya. Apa yang kita dapat dari tontonan itu? Ada yang bilang wahh... singa-singa ini ternyata punya rasa kasih sayang ya? sampai2 ada pepatah Tidak ada singa yang memakan anaknya sendiri .????? eh salah ding ... MACAN... tapi gak mengapa karena singa dan macan itu sama2 sayang ama anak2nya...he he he...

Yang mau saya katakan disini bukan itu... tetapi kita harus bisa lihat sifat dari anak singa. Apa yang bisa kita lihat? Jawabnya adalah TUJUAN dan KEINGINAN. Walaupun seekor anak singa, pastilah mempunyai KEINGINAN untuk makan daging, sepertinya tidak ada anak singa yang punya keinginan makan rumput...ha ha ha, jika ada itu bukan anak singa tapi anak kelinci.....Setiap ada sapi lewat didepannya pasti anak singa NGILER pingin menerkam, huummm.. happppb, tapi apa daya taringnya belum tumbuh. Apa yang dilakukan anak singa? dia BELAJAR dari induknya, dia selalu mengikuti induknya untuk ketemu sang sapi dan hanya memakan daging bekas induknya, sampai setelah dewasa sang singa bisa menerkam sapi sendiri.
Apa yang dapat di ambil hikmahnya buat kita manusia?
1. KEINGINAN : Manusia harus seperti anak singa yang mempunyai keinginan yang besar melebihi apa yang dia mampu sekarang. Harus BERMIMPI dan harus besar mimpinya.
2. Tidak Ada yang SIA-SIA : Segala proses untuk terpenuhinya keinginan kita tidak ada yang sia sia, seperti anak singa yang selalu mengikuti dan hanya melihat induknya menerkam sapi. Seperti halnya kita misal kita ingin sukses berdagang, segala proses mencapai sukses adalah sangat - sangat tidak sia-sia, walaupun kita keluarkan banyak untuk itu, baik waktu maupun biaya. Kita ketemu banyak orang untuk cerita bisnis, walaupun tidak langsung untung saat itu, mungkin bisa untung bulan depan, tahun depan atau 10 tahun mendatang. Kata orang pinter NETWORKING kita akan tambah banyak, dan Islam mengajarkan SILATURAHMI bisa memperpanjang usia dan memperbanyak rejeki.
3.TUJUAN : Untuk memenuhi keinginan kita maka wajib kita menentukan tujuan hidup kita kita. Seperti di contoh di atas keinginan anak singa adalah ingin makan daging , tujuan anak singa pingin bisa menerkam sapi supaya bisa makan daging. Begitu kira2.
4.STRATEGI : Untuk mencapai tujuan kita butuh cara untuk mencapainya, seperti dalam contoh caranya dengan Belajar melihat induknya menerkam sapi.
Nah.... apakah kita sudah punya tujuan untuk suatu keinginan yang besar ?
Apakah kita punya keinginan yang luebbih besar dari yang kita mampu sekarang ?
Berapa berguna hidup kita ? untuk keluarga kita? untuk Bapak Ibu kita? untuk lingkungan kita? untuk agama kita? untuk Bangsa dan Negara kita?
Tidakkah kita punya keinginan yang lebih besar untuk menjadi orang yang lebih berguna lagi....????

Banyak contoh TUJUAN yang baik dalam hidup ini :
- Saya ingin hafal Quran, jadi saya bertujuan menjadi penghafal Al-Qur'an
strateginya dg mencoba menghafal 2 ayat 1 harinya
- Saya ingin membantu orang lain, jadi saya harus bisa membantu orang lain,
strateginya dengan membuat suatu perusahaan yang menyerap banyak
karyawan.
- Saya ingin bebas finansial, jadi saya bertujuan untuk bisa bebas finansial,
strateginya saya harus bisa mulai investasi, membuat warung kopi, kos-kosan dll.


Salam

DenMasBroto

NB : Bahan didapat dari kisah yang diceritakan Bung RURI NAZIF, Seorang Entrepreneur Muda dan Employee Sukses. Salah satu karyanya di Depok dan Bandung "ZOE CAFE"


No comments: