Mencoba Bisnis Rumah Makan


Namanya bisnis jika tidak dimulai maka itu namanya angan-angan.... Kita tidak akan mencapai keberhasilan berbisnis jika belum pernah mencobanya,.... apapun itu bisnisnya.
Kali ini saya akan mulai bisnis Rumah makan dengan metode BOTOL (Berani Optimis dengan Tenaga Orang Lain) yang melahirkan WARUNG MAKAN ROCK & ROLL.

Awalnya ini dari adik kandung saya bersama suaminya yang mencoba membuat warung makan ROCK & ROLL di belakang UNIKOM Bandung. Bermodalkan rumah dengan tambahan modal belanja jadilah warung makan itu.... tak dinyana yang semula di kira akan minus dulu di 3 bulan pertama eeehhh malah surplus... Alhamdulillah..
Sekitar 1 bulan dari situ adik saya tadi menawarkan untuk join bisnis, dalam arti saya pemodalnya dan dia pelaksananya... dan saya sempat berhitung ... akhirnya saya putuskan untuk ikut...Dan Selasa 10 Feb 2009 Warung itu di BUKA.
Saya sewa tempat (yang mencari tempatnya adik saya) Rp.50 jt per 2 tahun. Belanja dapur dan pengecetan ruangan... sekitar 17 jt. jadi total modal 67 jt.
(Note: Pengalaman saya jika beli perangkat dapur bisa beli di Mutiara Kitchen karena harganya lebih murah)...
Secara perhitungan BEP (Break Event Point) sbb :
Modal 67 jt....
Bunga bank 15% / th jadi bunga bank 2 th jika modal tsb pinjam bank adalah 30% * 67 jt = 20,1 jt.
Total modal + bunga = 87,1 jt

BEP akan kecapai jika pendapatan per bulan > 87,1 jt /24 bln = 3,63 jt / bln = 121 Ribu / hari.

Jika di set keuntungan bersih adalah 20% dari omzet maka untuk mencapai BEP diperlukan OMZET harian = 605 ribu / hari

Jadi ini TARGET pertama saya... mendapatkan OMZET Rp 605.000,- per hari... sehingga bisa dikatakan BEP.

Dan Alhamdulillah di hari ke 5 Warung tsb sudah BEP dengan pendapatan OMZET sekitar 800 ribu... Alhamdulillah... Mohon doanya ya...?
Sekarang lagi di proses pengurusan Speedy yang akan di pakai untuk HOTSPOT ZONE GRATIS di warung itu... dengan harapan pengunjung akan meningkat dan revenue Insya Alloh mengikuti... Amin

Mudah2an Alloh memberikan rejeki lewat warung tersebut... Amin.

Sekali lagi mohon dukungan do'a nya..ya.. Matur Nuwun... :)




6 comments:

Gunung Putri Bisnis said...

mantap Cak, Semoga Sukses menjadi Pengusaha Muda Baru....

zaenudin said...

Ada bisnis nih, dngn biaya kecil kita bisa jadi agen pulsa pribadi.
kunjungi dbsmall

Guntur said...

10 jempol untuk akang...

Anonymous said...

hallooo, masbroy,
saya tertarik dengan konsep online book store ini,
Mohon jika berkenan PM saya detail informasinya yaa, berapa total modalnya diluar seting-up website, dimana cari buku-bukunya dsb,.

matur tengkyuuu..

Anonymous said...

nerusin yang atas, lupa id-saya, :D
fransica_dominic@yahoo.com

Anonymous said...

sorry, typo... :D :D
fransisca_dominic@yahoo.com